Kamis, 11 Agustus 2016

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia


Program studi Pendidikan Bahasa berdiri sejak 1983. misi program studi ini adalah menghasilkan lulusan yang profesional. Program studi menyajikan mata kuliah yang relevan dengan kebutuhan, seperti linguistic, sastra, drama dan seni peran, pengajaran , jurnalistik, fotografi, kepenyiaran,pengelolaan perpustakaan, dan ESP (English for Spesific Purpose). Dengan mata kuliah yang disajikan, lulusan prodi pendidikan bahasa, sastra Indonesia dapat menekuni profesi antara lain guru, ilmuwan, pustakawan, jurnalis, kolomnis, presenter, pelaku dan pengamat seni.
Mata kulia yang disajikan lansung oleh dosen yang berkualifikasi S2 dan S3, serta para praktisi. Program studi pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan daerah mempunyai fasilitas, yaitu laboratorium drama dan seni peran (Hibah Dikti 2006 dan 2007) yang dilengkapi dengan PC editing perekam. Digital photo, dan home theater, program studi juga memiliki Laboratorium Microteaching yang lengkap dan nyaman.
Laboratorium Bahasa Multimedia merupakan laboratorium bahasa audio visual yang dilengkapi dengan komputer serta memiliki multi sarana/fungsi dalam pengajaran bahasa. Laboratorium Multimedia ini dimaksudkan untuk memberikan sarana pengembangan intensif ketrampilan berbahasa (listening, speaking, reading dan writing). Kegiatan belajar bahasa dalam laboratorium ini juga dimaksudkan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar bahasa secara individual atau kelompok sesuai dengan tingkat atau kecepatan belajar bahasa mereka.
Progaram pelatihan bahasa di laboratorium bahasa multimedia dioperasikan dengan CD-ROM, video dan kaset Audio. 
Disamping untuk kepentingan pembelajaran bahasa di lingkungan UMM, Laboratorium ini juga dimanfaatkan untuk :
a. Program Bahasa Inggris Intensif atau program TOEFL, bagi pembelajaran bahasa di luar kampus UMM, dan
b. Kerjasama dengan lembaga Testing Service nasional maupun internasional untuk kepentingan sertifikasi TOEFL, IELTS, dan lainnya.
Dengan kecanggihan laboratorium bahasa multimedia ini, pembelajaran bahasa secara mandiri bisa mengembangkan semua keterampilan bahasa dengan berbagai media/fungsi serta sumber belajar bahasa yang dimiliki oleh laboratorium ini. Dalam jangka menengah, laboratorium ini diharapkan bisa dipakai sebagai sarana tes seleksi bagi mahasiswa baru yang hasilnya bisa dimonitor/diketahui saat itu juga oleh yang bersangkutan. Sedangkan dalam jangka panjang, laboratorium bahasa ini diharapkan bisa dipakai sebagai sarana tes seleksi bagi mahasiswa baru yang hasilnya bisa dimonitor/diketahui saat itu juga oleh yang bersangkutan. Sedangkan dalam jangka panjang, laboratorium ini diharapkan bisa dikembangkan sebagai self-access learning center yang benar-benar memadai dan kondusif bagi pengembangan bahasa di UMM.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar